Persiapan PAM Nataru, Forkopimda Indramayu laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

 


Indramayu Today - Sebagai bentuk upaya dalam hal memberikan kenyamanan bagi umat kristiani pada saat merayakan natal dan bagi masyarakat yang merayakan tahun baru, Forkopimda Indramayu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pelaksanaan kesiapan operasi lilin lodaya - 2023 tentang pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024. Rabu, 20/12/2023.

Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar menuturkan, Bulan Desember ini adalah bulan penuh toleransi, dalam momentum ini perlu kerjasama supaya masyarakat bisa merayakan natal dengan aman nyaman dan damai.

Untuk itu Fahri menegaskan, dalam pengamanan nataru tersebut fokus pada pengamanan Gereja, pengamanan malam tahun baru, pengamanan lokasi wisata dan pengamanan jalur orang yang akan melintas.

"Empat inilah fokus kita dalam rangka pengamanan nataru," Katanya.

Dalam hal ini Kapolres mengajak kepada semua pihak supaya menjaga kerukunan umat beragama, ia mengajak semuanya untuk sama sama menjaga keamanan.

"Supaya umat kristiani yang melaksanakan ibadah natal bisa merayakan Natal dengan aman dan Damai," Ujarnya.

Sementara Bupati Indramayu yang diwakili Asda 1 Drs. Jajang Sudrajat memaparkan, pengamanan Nataru di kabupaten Indramayu dilintasi dua jalur yaitu jalur tol cipali dan jalur Pantura.

Menurutnya, Rapat koordinasi ini juga dapat mewujudkan SOP sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, untuk dinas terkait Jajang berharap dapat bertindak secara aktif.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah natal dan yang melaksanakan kegiatan tahun baru," Harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto Memuturlan, Kodim 0616/Indramayu mendukung penuh giat PAM Nataru dan akan melibatkan Babinsa baik dalam giat PAM Gereja maupun di Pos Pam/ Pos Yan, hal itu dilakukan agar sama-sama saling mendukung.

"Kami Kodim 0616/Indramayu akan menyampaikan kepada masing-masing Babinsa di tiap Desa untuk melaporkan jika orang baru yang datang, sehingga kita dapat memonitor situasi," Ujar Dandim.

Di wilayah Kodim 0616/Indramayu sendiri kata Dandim, Jumlah Gereja di Wilayah Kodim 0616/Indramayu ada 32 Gereja.

Untuk itu kata Dandim dalam hal Timline PAM Natal dan Tahun Baru semua pihak harus melakukan pemetaan lokasi Gereja, Peta Lokasi Tempat Keramaian/Wisata, Peta Rawan Bencana Alam yaitu Kandanghaur, Lohbener, Jatibarang, Haurgeulis, Gantar, dan Terisi, Penempatan Pasukan dan Mapping Tempat Kerawanan.

"Intinya kita sama sama melayani masyarakat yang akan melaksanakan ibadah natal dan perayaan tahun baru," Pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan ini dan kerja sama dari semua pihak, Perayaan Natal dan Tahun Baru di Wilayah Kabupaten Indramayu Dandim berharap akan berjalan secara Aman Lancar.


Pena
By.
Redaksi
Editor
By.
Redaksi
Foto / Video
By.
Internet

Supaya umat kristiani yang melaksanakan ibadah natal bisa merayakan Natal dengan aman dan Damai,

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget