Tingkatkan Produktivitas pertanian, Kodim 0616/Indramayu laksanakan serbuan Bios 44

 

Indramayu Today - Didampingi Sertu Permana selaku babinsa Desa Tambak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu Odang yang merupakan ketua kelompok tani di Desa tersebut menyampaikan kepada Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andamg Radianto tentang bagaimana proses penanaman udang di tambak.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan di wilayah Koramil 1601/Indramayu, Sertu Permana menuturkan pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada kelompok tani yang ada di desa Tambak.

"Petani di Desa Tambak siap untuk mendukung pelaksanaan ketahanan pangan di wilayah Desa Tambak," Katanya. Jumat, 11/11/2022.

Sementara Odang selaku Ketua kelompok tani Desa Tambak mengatakan, tahapan pelaksanaan tersebut dimulai persiapan lahan, kemudian pembersihan lahan lalu permentasi menggunakan Bios 44 untuk penanaman udang di Tambak.

"Lahan sudah kami siapkan seluas 7000 meter persegi," terangnya.

Odang menambahkan untuk permentasi yang menggunakan Bios 44 diperkirakan 7 sampai 14 hari untuk kemunculan pakan alam, setelah itu kata Odang penaburan bibit udang bisa dimulai.

"Setelah ditabur bibit udang kita tunggu hingga 7 hari jangan dulu dikasih pakan, karena sudah ada pakan alam yang dihasilkan dari Bios 44," Jelasnya.

Odang menjelaskan, untuk pemberian pakan akan dilakukan dari umur 20 hingga 45 hari dengan menggunakan Bios 44 dengan perbandingan 20 mili liter Bios yang dicampur dengan air 5 liter dengan dicampur pakan.

"Untuk umur 45 hari sampai dengan panen untuk perbandingan Bios yang digunakan 200 mili liter berbanding air 10 liter lalu dicampur dengan pakan, dan dilakukan selama 90 hari," Tuturnya.

Odang menyebut, untuk umur 60 sampai 90 hari udang siap untuk dipanen.

Sementara dalam kesempatan yang sama Dandim 0616/Indramayu Letkol ARM Andang Radianto berharap, apa yang telah dilakukan di Desa Tambak bisa meninhkatkan produktifitas perikanan.

"Mudah-mudahan dengam menggunakan Bios 44 ni bisa mempercepat masa panennya," Katanya.

Dandim mengatkan, Kodim 0616/Indramayu menyiapkan Demplot Pertanian dan Persawahan sejumlah 27 Lokasi dalam rangka meningkatkan Produktivitas pertanian dan memperbaiki struktur tanah.

Pena
By.
Redaksi
Editor
By.
Redaksi
Foto / Video
By.
Internet

Sementara Odang selaku Ketua kelompok tani Desa Tambak mengatakan, tahapan pelaksanaan tersebut

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget