Kodim 0616/Indramayu resmikan program BSMSS Tahun 2022 di Desa Tempel

 

Indramayu Today - Sebagai upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarkat melalui berbagai program yang seimbang terpadu dan berkesinambungan adalah melalui pembangunan daerah.

Salah satu Implementasinya adalah kegiatan program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa ( BSMSS ) yang diselenggarakan oleh Kodim 0616/Indramayu.

BSMSS sendiri merupakan bentuk Sinegritas antara Pemerintah daerah, TNI dan masyarakat yang didalam kegiatannya mengedepankan semangat Gotong-royong.

BSMSS di Tahun 2022 yang bertempat di Desa. Tempel Kec. Lelea dan Desa Karangasem, kec. Terisi yang akan dilaksanakan selama 14 Hari ini telah resmi dibuka oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang diwakili oleh ketua DPRD Kab. Indramayu H. Syaefudin. Rabu, 5/10/2022.

Dalam kesempatan itu Bupati indramayu Nina Agustina yang diwakili oleh Kasatpol PP Teguh Budiarso menyampaikan terima kasih kepada TNI, Khususnya jajaran Kodim 0616/Indramayu yang mempunyai andil besar dalam menyukseskan kegiatan ini.

Menurutnya dalam rencana kegiatan BSMSS  terdapat fisik yakni perkerasan jalan desa, pembangunan jembatan dan Drainase, selanjutnya direncanakan penerangan jalan umum, pembangunan rutilahu demi terpenuhi standar hunian yang layak dan sehat.

Dia menyebut, selain sasaran kegiatan fisik adapula kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan pelayanan, sosialisasi dan pemberdayaan yang akan dilaksanakan oleh Pemda diantaranya Administrasi Kependudukan, Pembuatan Kependudukan, Pembuatan kartu pencari kerja dan pemberian bantuan benih ikan.

“Saya berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat baik dari perangkat daerah, TNI, Kecamatan, Desa hingga masyarakat agar bahu membahu menyukseskan program ini,” Ujarnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm Andang Radianto S.A.P mengatakan, tujuan program BSMSS adalah untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat Desa Tempel yang sesuai anggaran diturunkan.

Dalam hal ini kata Dandim, BSMSS merupakan agenda rutin hang terus dilaksanakan di tiap tahunnya.

“Dalam program BSMSS Kodim 0616/Indramayu meliputi kegiatan fisik dan non fisik,” Katanya.

Dalam program BSMSS yang diselenggarakan oleh Kodim 0616/Indramayu tersebut terdapat dua poin yakni sasaran fisik dan non fisik.

Adapun Sasaran Fisik yakni Betonisasi Jalan Desa P. 240 xL. 3 M, Pembangunan TPTP. 128 Mx T. 90 Cm, Pembangunan Jembatan P. 6 MxL. 4 M, Pemasangan PJU5 Titik, Pembangunan Drainase P. 100 MxT. 70 Cm, Pembangunan Landasan Kontainer 1 Unit, Pembangunan Pos Kamling 2 Unit, Pembangunan Instalasi Sumur& Tandon 1 Unit, Rutilahu 7 Unit, Pembangunan Jembatan Gantung 1 Unit

Sedangkan Sasaran Non Fisik terdiri dari Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penganekaragaman Komsumsi Berbasis Sumber Daya Lokal, Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Restocing Benih Ikan, Pelayanan KB, Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Layanan Perlindungan Perempuan Kewenangan Kab/Kota, Pelatihan Las Dasar, Sosialisasi Pelatihan Menjahit,

Pemberian Bibit Pohon Jati 500 Pic dan Bibit Kayu Putih 500 Pic, Pemberian Fasilitas Kebersihan (Gerobak Sampak 4 Unit, Tong Sampah Terpilah Sebanyak 20 Unit dan Tong Sampah Terpilah 3 Sebanyak 20 Unit),  Pemberian Karung, Mie Instant, Sarden, Cornet Beff, Rambu Kawasan Bajir, Rambu Petunjuk Tempat Kumpul Sementara, Rambu Tempat Pengungsian, Rambu lokasi Posko dan Petunjuk Jalur Evakuasi, Pelayanan Kependudukan (Pembuatan KTP-EL, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan Pembuatan KK), Sosialisasi Internet Sehat

"Seluruh rangkaian Kogiatan BSMSS ini dapat terselenggara dengan didukung dari anggaran APBD Kab. Indramayu dan CSR BUMN/BUMD setempat dengan nilai sebesar Rp. 1.121.275.380," Kata Dandim.

Dandim berpesan, kepada semua masyarakat Desa Tempe agarl mau ikut menjaga serta merawat apa yang sudah diberikan.

"Khusus yang ada di Desa Karangasem, Kec. Terisi agar ikut menjaga jembatan gantung yang telah dibuat," Pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, program BSMSS ini berdasarkan Surat Telegram Pangdam III/Slw Nomor: ST/213/2022 tanggal 08 Januari 2022 dan Surat Telegram Danrem 063/SGJ Nomor : ST/65/2022 tanggal 09 Februari 2022, Perintah melaksanakan kegiatan Bakti Sliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TA 2022.

Kegiatan BSMSS ini dilaksanakan di Desa. Tempel Kec. Lelea dan Desa. Karangasem Kec. Terisi Kab. Indramayu selama 14 hari dari tanggal 05 Oktober s.d. 18 Oktober 2022 dengan melibatkan personel sejumlah 175 orang terdiri dari TNI 75 orang dan Unsur Pendukung yang terdiri dari Masyarakat, Wanra, Pemda dan KBT sejumlah 100 orang.

Pena
By.
Redaksi
Editor
By.
Redaksi
Foto / Video
By.
Internet

BSMSS sendiri merupakan bentuk Sinegritas antara Pemerintah daerah, TNI dan masyarakat yang didalam

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget