Dandim 0616/Indramayu, Dampingi Bupati Nina dalam Kunker Wakil Menteri Agama RI di Embarkasi



Indramayu Today - Hari ini merupakan hari yang bersejarah, hari di mana embarkasi haji indramayu pertama kali digunakan oleh para calon jemaah haji. hal ini tentunya merupakan sebuah kebahagiaan bagi masyarakat Jawa Barat Khususnya Indramayu, semua karena setelah penantian panjang, akhirnya embarkasi haji kebanggaan jawa barat, terutama kebanggaan kabupaten indramayu mulai dioperasikan.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina pada kesempatan kunjungan kerja Wakil menteri agama RI Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi dan Anggota DPR RI di embarkasi, Bupati mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kementerian agama republik indonesia, komisi delapan DPR RI, kanwil kementerian agama jawa barat dan pemerintah provinsi jawa barat atas pembangunan embarkasi haji indramayu ini.

"Insya allah, keberadaan embarkasi haji indramayu akan memberikan banyak hal positif, baik bagi pemerintah daerah, masyarakat maupun bagi calon jemaah haji," Katanya.

Menurutnya, secara nyata embarkasi haji ini akan mampu menciptakan peluang untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan kemajuan daerah.

Untuk itu kata Bupati Nina, pemerintah daerah kabupaten indramayu siap menunjang dan memberikan berbagai kemudahan atau fasilitas yang dibutuhkan di embarkasi haji indramayu.

Bupati Nina menyebut, sebagai bukti bentuk dukungan yang telah dilakukan yaitu, pemerintah daerah kabupaten indramayu menghibahkan tanah seluas 7,8 (tujuh koma delapan) hektar untuk embarkasi haji pada tahun 2019. adapun pada tahun 2022 telah dilakukan pembebasan tanah seluas 1,9 (satu koma sembilan) hektar dan saat ini masih proses sertifikasi, kemudian direncanakan pula pada perubahan anggaran 2023 akan diusulkan lagi kurang lebih 3 (tiga) hektar.

"Jadi, jika semua berjalan lancar, total hibah tanah yang diberikan pemerintah daerah kabupaten indramayu untuk embarkasi haji yaitu seluas 12 (dua belas) hektar," Tuturnya.

Bupati Nina menambahkan, Terkait pembangunan tol di indramayu arah embarkasi haji, sudah di-acc oleh kementerian PUPR. Oleh sebab itu, pihaknya meminta support dan dukungan semua pihak agar pembangunan tol ini berjalan lancar sehingga nantinya akses dari embarkasi haji indramayu menuju bandara kertajati semakin mudah dan cepat.

Bupati Nina menuturkan, bahwa pada tahun 2023 ini calon jemaah haji asal indramayu berjumlah 1.788 (seribu tujuh ratus delapan puluh delapan) dan sesuai jadwal, kloter pertama dari indramayu akan diberangkatkan pada hari senin besok.

"Kepada calon jemaah haji yang akan dilepas hari ini, saya mengucapkan selamat atas keberangkatan bapak ibu ke tanah suci. 

Semoga bapak ibu senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan rangkaian ibadah haji, dan tentunya pulang dengan predikat haji mabrur," Harapnya.

Sementara dalam kesemoatan yang sama, Wakil menteri agama RI Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, bagi masyarakat Jawa Barat khususnya masyarakat Kab. Indramayu pihaknya akan melepas calon tamu - tamu Allah dari asrama haji Indramayu. Menurutnya hari ini merupakan momen yang sangat penting, bahwa Jawa Barat telah memiliki satu asrama haji yang sangat berpresentasi walaupun masih belum sempurna namun tentu ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat provinsi Jawa Barat.

"Pada tahun ini saya mendapatkan laporan akan diberangkatkan lebih dari 8.000 calon jemaah haji di wilayah Indramayu, Kota Cirebon, Kab. Cirebon, Majalengka, Kuningan, Subang dan Sumedang," Ujarnya.

Zainut menambahkan, Pelepasan jama'ah haji ini merupakan momen yang paling bersejarah dan patut disyukuri. 

"Kebetulan saya juga daerah pemilihannya dari Jawa Barat yang saat ini sekarang bertugas menjadi ketua Golkar Jawa Barat tentunya sangat merasa bergembira bahwa asrama haji Indramayu ini sudah mulai berlaku pada hari ini," Paparmya.

Ia berharap pemerintah akan semakin mendekatkan pelayanan bagi seluruh calon jemaah haji. Sebab Pemberangkatan haji dari embarkasi Indramayu kali pertama dengan kuota penuh 229.000 orang dimana sebelumnya hanya lebih 100.000 orang, jumlah lansia yang berangkat sekitar 60.000 orang.

"Untuk tahun ini jumlah jamaah lansia jauh lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya, Perjuangan adanya embarkasi atau asrama haji di Kab. Indramayu penuh dengan perjuangan dalam artian kabupaten/Kota lainnya banyak yang menginginkan namun atas perjuangan Kepala Kawil embarkasi bisa didirikan di Kab. Indramayu," Ucapnya.

Ia berpesan, kepada para Jama'ah haji agar menjaga kesehatan, jaga nama baik Indonesia dan semoga menjadi haji yang mabrur.


Pena
By.
Redaksi
Editor
By.
Redaksi
Foto / Video
By.
Internet

keberadaan embarkasi haji indramayu akan memberikan banyak hal positif, baik bagi pemerintah daerah, masyarakat maupun bagi calon jemaah haji

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget